search enggine

Selasa, 28 Mei 2013

How to File Sharing? / Bagaimana Cara membuat File Sharing



Gunanya File Sharing itu untuk men-sharing / tukar file file ke komputer lain tanpa menggunakan kabel, tetapi dengan memanfaatkan jaringan (tp tidak menggunakan internet).
Misalnya : kita akan men-sharing salah satu file kita ke komputer teman sekelas, jika tidak ada flashdisk, kita bisa menggunakan cara File sharing ini. Jadi walaupun tidak ada flashdisk / koneksi internet,   file kita tetap bisa dibagikan.

oke ini nih cara untuk melakukan File Sharing :
*untuk computer server (orang yang akan men-sharing file tersebut)

1.      Kita buat folder yang akan di sharing, contohnya disini nama foldernya “sharing file” seperti dibawah, lalu klik kanan pilih Properties. (seperti gambar di bawah)


2.      Pilih Tab Sharing lalu klik share (seperti gambar di bawah)

3.      Setelah itu akan muncul kotak (seperti dibawah) lalu pilih tipe “everyone” agar file yang kita sharing itu bisa dilihat oleh semua orang. Klik ‘add’.

4.      Nahhh, abis itu kita lihat dibawahnya, akan muncul kotak bertuliskan “everyone” dengan logo orang-orang. Pada tab “permission level” pilih ‘Read/write’ agar file yang kita sharing itu bisa di lihat, di edit maupun di copy oleh client. Lalu klik share

5.      Terakhir akan muncul kotak pemberitahuan, kita klik saja “done” selesai

6.      Selanjutnya membuat ad hoc, untuk mengetahui cara membuat ad hoc klik disini
7.      Disini contohnya server sudah membuat jaringan ad hoc dengan nama “file sharing danu”

*untuk computer Client (orang yang akan melihat / mengambil data yang di sharing)

1.      Kita harus terhubung dengan computer server baik menggunakan kabel LAN maupun menggunakan ‘ad hoc’ (tanpa kabel) disini saya akan menjelaskan file sharing dengan menggunakan ad hoc, karena lebih simple dan tanpa menggukan koneksi internet.
2.      Conect / hubungkan dengan network (jaringan add hoc server)
3.      Ubah IP address kita, dan sama kan kelasnya, misalnya yang di server tadi itu menggunakan IP address kelas tiga (192.168.10.1) nahh kita ubah IP kita menjadi hampir sama dengan server tersebut misalnya IP address Server (192.168.10.1) maka komputer kita (192.168.10.2) jadi kita ganti angka ke-4 nya saja. lalu OK
4.      Cek apakah kita sudah terhubung dengan komputer server atau belum dengan cara, Buka CMD lalu Ping ke IP address Server.
5.      Jika berhasil, atau ada balasan seperti gambar diatas, maka tandanya kita sudah terhubung.
6.      Agar lebih cepat ,Buka Run, dengan cara klik (windows + R) lalu masukan IP address server tersebut. Dengan awalan backslash “\\” (hilangkan tanda kutip).
7.      Terakhir kita bisa melihat file yang sudah di sharing oleh server.

Semoga berhasil :)

#artikel ini dibuat dalaam rangka pengumpulan tugas individu Tekhnik Komputer dan Jaringan, kelas X, SMKN 1 Karawang, dan untuk pengetahuan umum / tambahan. Terima Kasih










Tidak ada komentar:

Posting Komentar